adsense 336x280

Terletak di bagian lain di ujung utara Pulau Bangka terdapat sebuah pantai yang cukup indah dan alami. Perjalanan menuju pantai memakan waktu sekitar satu jam dari dusun Pesaren. Dalam perjalanan menuju pantai anda akan melewati beberapa tambang timah inkonvensional yang terletak di sebelah kanan dan disebelah kiri jalan.

Pantai Penyusuk memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai obyek wisata bahari unggulan Pulau Bangka dimasa yang akan datang.

Pantai Penyusuk terletak di Ujung utara pulau Bangka, tepatnya di semenanjung Penyusuk. Merupakan pantai yang landai dan terdapat banyak kumpulan batuan yang berwarna putih. Pantai ini menghadap ke utara dan ke barat sehingga sangat cocok untuk menikmati pesona sunset.


Pantai Penyusuk, suasana pantai masih tergolong sepi. Tidak terdapat pedagang makanan ataupun penjaga obyek wisata. Saya mengira pantai ini baru akan dikembangkan sebagai obyek pariwisata baru. Pantai yang menghadap ke utara, arus lautnya cukup deras sehingga tidak terdapat kapal nelayan di pinggir pantai.

Di pantai yang menghadap ke barat ada sedikit perbedaan dimana arus laut lebih tenang. Sehingga ada beberapa kapal nelayan yang berada di pinggir pantai. Selain itu desebelah barat juga terdapat sebuah pulau kecil yang dinamakan pulau Lampu. Terdapat sebuah mercusuar di tengah-tengahnya yang menyorotkan lampu pada malam hari. Angin pantai yang sepoi-sepoi membuat suasana nyaman. Dan akhirnya detik-detik menjelang sunset sangat menakjubkan.

Namun sayang, Pantai Penyusuk yang cantik itu ternyata tak cantik luar dalam, mengapa tak cantik luar dalam? Secara kasat mata, Pantai Penyusuk memang sangat indah. Setiap orang yang baru datang ke lokasi wisata bahari pasti akan berdecak kagum melihat keindahan pantai yang terdapat di daerah ini. Namun, setelah melakukan penelitian dilokasi ini oleh tim peneliti dari Universitas Bangka Belitung mereka mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan.

Keindahan Pantai Penyusuk jauh berkurang dibandingkan dulu. Dulu perairan disini sangat jernih dan kaya akan biota laut. Ikan, cumi, udang dan rajungan sangat mudah untuk didapatkan oleh nelayan di kawasan pantai penyusuk.

Namun sejak beroperasinya beberapa kapal keruk timah dan ditambah lagi dengan hadirnya kapal hisap, perairan Pantai Penyusuk mulai lebih keruh dan membuat terumbu karang di kawasan ini banyak yang mati karena tertutup oleh sediment yang dibawa oleh arus air laut akibat aktivitas penambangan timah di daerah laut sekitar kawasan pantai penyusuk. Hal senada juga disampaikan oleh sarifudin yang merupakan penjaga mercusuar di pulau lampu yang terdapat dikawasan pantai penyusuk. Dulu, dari atas bukit pulau ini, kita dapat melihat warna-warni karang dari bukit ini, namun sekarang yang terlihat hanya warna kecoklatan saja. Mungkin karangnya sudah banyak yang mati.

Inilah yang menyebabkan Pantai Penyusuk tidak dapat dikatakan sebagai kawasan bahari yang cantik luar dalam. Hal ini mengingat bahwa untuk menjadi kawasan wisata bahari yang dapat berkembang dengan baik, maka kawasan wisata tersebut tidak hanya dapat mengandalkan kendahan luarnya, tapi juga keindahan bawah lautnya. mengingat, tujuan utama para wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara (wisman) bukanlah hanya untuk menikmati keindahan suatu wisata bahari yang tampak luar tetapi juga keindahan tampak dalam yaitu keindahan terumbu karang dengan bersnorkling menikmati keindahan terumbu karang atau diving.

Kondisi dilapangan memang menunjukkan bahwa Pantai Penyusuk di apit oleh kapal keruk, di sebelah tenggara pantai ini tampak ada empat buah kapal keruk dan dua kapal hisap yang sedang beraktivitas, sedangkan di sebelah utara tampak ada dua kapal keruk. Inilah yang menjadi penyebab utama kekeruhan perairan di pantai penyusuk. Karenanya harusnya kegiatan penambangan dilaut jangan sampai merusak ekosistem terumbu karang, karena akan memberangus potensi wisata bahari kepulauan bangka belitung yang merupakan investasi jangka panjang bagi daerah ini. Selain itu terumbu karang yang sehat pun akan manjadi tempat hidup dan berkembang biota laut yang menjadi sumber pencaharian utama bagi nelayan dan sumber makanan bergizi bagi generasi masa depan pulau ini.











adsense 336x280

2 Responses to "Pantai Penyusuk"

Popular Posts