Pantiaw Beras Kuliner Khas Bangka

adsense 336x280
Pantiaw adalah penganan ringan berkarbohidrat tinggi karena dibuat dari bahan tepung beras. Pantiaw merupakan salah satu makanan khas daerah Bangka. Seringkali menjadi sarapan masyarakat sekitar atau sekedar untuk mengganjal perut. Rasa yang sangat khas ini sangat menggugah selera kita untuk ingin terus dan terus menyantapnya. Biasanya makanan ini dijual dari subuh hingga siang hari. Harganya pun lumayan murah per porsinya kurang lebih Rp. 1.000,- pas untuk ukuran kantong.

Pantiaw ada dua jenis, yaitu Pantiaw Gandum dan Pantiaw Beras. Pantiaw Gandum bentuknya hampir sama dengan mie biasa namun cara penyajian dan pembuatannya saja yang sedikit berbeda. Sedangkan Pantiaw Beras terbuat dari tepung beras dan pembuatannya pun cukup rumit, karena masih secara manual. Pantiaw Beras ini kalau di Pulau Jawa namanya kwetiaw. Bentuknya pun mirip sekali, namun sekali lagi cara penyajiannya yang berbeda.

Penyajian Pantiaw satu porsinya ditambahkan bumbu diatasnya. Bumbunya berupa ikan yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menyedapkan Pantiaw ini. Setelah itu ditaburkan dengan bawang goreng untuk menambah rasa lezatnya. Tinggal seduh dengan air panas atau menggunakan kuah bakwan kita sudah bisa menikmati Pantiaw ini.
Untuk menikmati Pantiaw ini kita bisa membelinya di warung-warung yang menyediakan Pantiaw Beras ini, namun untuk membawa pantiaw ini tidak bisa lebih dari 2 hari atau 3 hari karena akan basi bumbu ikannya.
Bagi yang pengen coba membuatnya ini resepnya

Bahan:

  1. Tepung Beras
  2. Air
  3. Garam
  4. Sagu

Bumbu Kuah:

  1. Ikan (biasanya ikan tenggiri, ikan tamban, ikan parang-parang dll)
  2. Bawang Merah
  3. Bawang Putih
  4. Jahe
  5. Lada
  6. Minyak Goreng
  7. Garam, Gula, Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuatnya:

Pertama-tama untuk membuat pantiaw, haluskan beras dengan penggiling khusus beras hingga menjadi menjadi tepung yang berair. Selanjutnya tepung yang telah menyatu dengan air tersebut dituangkan ke nampan berukuran sedang (biasanya nampan berbahan alumunium), cukup sedikit saja. Kemudian nampan tersebut direbus di atas air mendidih. Selanjutnya diangkat dan ditiriskan lalu dijemur. Setelah kering ditambah dengan tepung sagu kemudian digulung dan diiris tipis-tipis.

Untuk Kuahnya:

Bumbu-bumbu dihaluskan, masukan ke air mendidih secukupnya. Tambahkan ikan yang telah dihaluskan sebagai penambah aroma kuah. Setelah masak  kuah tersebut disiram ke pantiaw yang telah dibuat tadi. Selanjutnya siap dihidangkan. adsense 336x280

0 Response to "Pantiaw Beras Kuliner Khas Bangka"

Post a Comment

Popular Posts